Level Gauges : Basic Knowledge

Pernahkah kita berfikir bagaimana caranya mengetahui ketinggian muka (level) cairan yang ada di dalam vessel atau tangki yang tidak kasat mata? Seperti tangki dibawah ini?, banyak orang sudah memikirkan beragam cara dengan menciptakan gauges untuk mengetahui tinggi permukaan cairan tersebut salah satunya adalah level gauges.

 

Level Gauges adalah suatu field instrument yang berfungsi memberikan informasi langsung pengukuran level atau ketinggian permukaan fluida didalam suatu vessel atau tangki. Prinsip kerja level gauges bergantung dari tipe level gauges.  Namun secara general level gauges menerapkan sifat dasar air (liquid) bahwa permukaan air (liquid) yang tenang disuatu bejana yang berhubungan akan memiliki ketinggian (level) yang sama. Jadi meskipun suatu vessel atau tangki memiliki dinding yang tidak kasat mata, kita bisa mengetahui level cairan yang ada didalamnya dengan bantuan level gauges yang dipasang di vessel atau tangki tersebut. Ada beberapa tipe level gauges yang sering digunakan dalam dunia industri diantaranya adalah

  1. Reflex Level Gauges
  2. Transparent Level gauges
  3. Magnetic Level gauges
  4. Tubular level gauges
  5. Bicolor Stem Level Gauges

a

Dari beberapa jenis level gauges diatas, magnetic level gauges adalah yang paling sering digunakan. Magnetic level gauges memiliki beberapa keunggulan diantaranya menggunakan pelampung yang bersifat magnetic untuk menggerakan indikator pada level gauges sehingga tidak memerlukan gelas atau kaca untuk melihat pelampung seperti yang digunakan oleh reflex, transparent dan tubular level gauges.

Penggunakan kaca pada level gauges memiliki keterbatasan. Kaca tersebut berpotensi pecah dan bisa membahayakan plant, orang dan lingkungan. Dengan tidak adanya material yang terbuat dari gelas maka desain Material level gauges bisa menyerupai atau lebih kuat dari vessel atau tangki tempat fuida yang ingin diukurnya.

Leave a comment