Pressure Gauges : Basic Knowledge

Pressure Gauge adalah alat untuk mengukur tekanan dalam suatu bejana seperti vessel dan tank maupun fluida bertekanan didalam pipa. Tekanan yang diukur biasanya adalah tekanan gauge atau tekanan dalam wadah yang sedang diukur, ada juga pressure gauge yang sudah dikalibrasi sehingga sudah menunjukan tekanan Atmosfernya dengan menambahkan 1atm pada hasil pengukuran pressure gauge tentunya.

Berikut ini adalah gambar pressure gauge yang sering dipakai di dunia industri

1

 

Dalam kehiduan sehari-hari kita banyak menemui pressure gauge di tabung LPG, pompa air rumahan, ataupun ketika kita mengisi angin untuk ban kendaraan. Perbedaan pressure gauge industri dengan pressure gauge pada umumny adalah rentang yang tinggi, akurasi,kehandalan, dan keamanan untuk daerah berbahaya.

Prinsip kerja Pressure Gauge dibedakan berdasarkan tipe nya. Ada yang menggunakan Bourdon Tube (Tipe C, Spiral, Helical), diaphragm, Bellows dan Capsule.

Cara kerjanya hampir sama yaitu ketika fluida menekan pressure element diatas makan akan terjadi perubahan bentuk seperti melengkung dan berputar (Bourdon tube : C-Type, Helix, Spiral) ataupun memendek (bellows, Diaphragm, Diaphragm Capsule). Yang kemudian dikonversi menjadi pergerakan pointer dan dikalibrasi untuk menunjukan rentang tekanan tertentu.

Artikel Terkait

https://instrumentasipraktis.wordpress.com/2015/12/16/pressure-gauges-intermediate/

https://instrumentasipraktis.wordpress.com/2015/12/16/pressure-gauges-selection-sizing/

Leave a comment